Sederhanakan Sosial Media

Seperti yang disebut di postingan sebelumnya, saya sudah meminimalisir penggunaan sosial media.

Mungkin saya akan fokus di dua medsos saja yaitu twitter dan instagram.

Follow, yach,  (aww, sempatkan promosidotcom).

Dahulu saya memiliki akun di setiap medsos baru. Sekarang baru berpikir, untuk apa? Bahkan facebook pun saya masih merasa belum membutuhkannya secara profesional. Saya hanya membukanya untuk membaca berbagai berita menarik di grup yang saya ikuti serta sesekali promosi. Cukup begitu saja.

Apalagi jelang pemilu kemarin facebook adalah salah satu medsos yang saya lihat sendiri penuh dengan muatan yang kurang nyaman seperti SARA dan hoax. Sulit dibendung bila di pos oleh friends. Berbeda dengan twitter dan instagram yang menggunakan metode bila saya difollow tidak otomatis memfollow. Sehingga tidak ada kesilapan accept akun yang membuat pikiran berkunang-kunang.

Intinya saya cenderung lebih memanfaatkan dua medsos saja, yang nyaman dipakai.

Dasar pemilihan utama medsos selama ini :

1. Apakah merasa nyaman disana?

2. Seberapa sering login?

3. Apa selama ini manfaatnya?

Itu saja, sih. Bila ternyata tidak nyaman, jarang login, tidak merasakan manfaat, saya cenderung melakukan deactive akun agar tidak tergoda untuk kembali.

Bagaimana dengan berselancar di medsos? Itu adalah hal yang saya hindari, kecuali memang butuh informasi di tema-tema tertentu.

Menurut Fumio Sasaki (Goodbye, things), salah satu yang membuat kita menginginkan sesuatu lagi dan lagi adalah karena paparan dari berbagai media. Terutama gambar, ya. Entah berita, lifestyle orang lain, iklan, influencer, dsb. Membuat orang membandingkan kehidupannya, ingin memiliki apa yang orang lain miliki.

Mengenai berapa pengikut medsos, nggak ada target tertentu. Organik saja bermodal sabar, walau untuk ukuran platform yang sudah berdiri lama, jumlah pengikut ini terlihat fakir..hihihi..

Berapa medsos yang kamu punya dan bagaimana menggunakannya?

signature

Gambar : dokumentasi pribadi, mememaker.com

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: